Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Anda tahu camilan bernama cilok, makanan tradisional asli Indonesia? Dulu, makanan ini dianggap sebagai makanan kelas bawah.

Tapi berbeda dengan cilok masa kini. Cilok bukan hanya dijual penjual keliling. Cilok sekarang ini sudah banyak dijual di kafe. Bukan hanya aci bulat yang dicocol ke saus kacang, cilok dikombinasikan dengan keju mozzarella. Bahkan ada yang dijual dalam stoples dan dipaketkan ke luar kota. Berkat inovasi, cilok naik kelas. 

Ada banyak kue tradisional yang bisa diubah jadi modern. Apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini beberapa caranya.

Menambahkan toping

Menambahkan toping

Salah satu cara termudah membuat penampilan kue buatan Anda menarik adalah dengan menambahkan toping yang tidak biasa. Misalnya saja Anda mempunyai bisnis martabak manis, selain toping cokelat, keju, dan kacang, mungkin Anda bisa menambahkan toping lain seperti teh hijau, stroberi, atau kacang almon. Atau jika ingin berbeda, mengapa tidak mencoba mengubah warna adonan martabak dengan pewarna lain seperti hijau, cokelat, atau warna menarik lainnya.  

Mengombinasikan filling

Mengombinasikan filling

Selain toping, Anda juga bisa mengisi kue bikinan Anda dengan berbagai macam isi. Misalnya kue leker paling umum berisi gula pasir, cokelat, pisang, atau kombinasi ketiganya. Sekarang Anda bisa mengisi kue leker dengan beraneka filling seperti buah kiwi, stroberi, atau bahkan telur dan aneka sayur. 

Membuat rasa baru

Membuat rasa baru

Anda juga bisa membuat rasa baru untuk kue tradisional Anda. Misalnya saja kue putu yang biasanya hanya punya rasa manis dari gula merah di dalamnya. Mengapa tidak coba mengombinasikan dengan rasa baru seperti isian daging ayam atau sapi, atau rasa unik lainnya. Lalu, sajikan dengan toping yang modern, ini bisa menjadi menu favorit baru di toko bakery atau cafe Anda.

Kemas dengan desain yang modern

Kemas dengan desain yang modern

Kadang, hanya butuh sedikit sentuhan mudah untuk membuat makanan tampak lebih modern. Salah satu caranya dengan mengubah kemasannya. Buat kemasan yang menarik dengan desain unik, maka itu akan membuat tampak lebih modern dan berkelas.