Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Kue lokal bisa diubah jadi berkelas internasional. Jika ini jadi salah satu impian, ada banyak hal yang harus disiapkan. Mulai dari penyesuaian rasa, mengangkat nilai keunikannya, hingga pengemasan yang mudah dibawa ke mana-mana.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut beberapa makanan lokal yang bisa diolah agar jadi berkelas global. Bagaimana caranya?


Pempek

Makanan khas Palembang ini sudah terkenal seantero Indonesia. Anda bisa membuat kreasi pempek agar bisa menarik perhatian orang, termasuk wisman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya membuat variasi isi pempek dengan daging atau mungkin sayur untuk para vegetarian. Bisa juga diolah dengan model seperti masakan Thailand yang telah lebih populer di lidah orang mancanegara.


Kue bingka

Kue satu ini adalah penganan khas Kalimantan dengan rasa manis. Umumnya kue bingka berwarna hijau dengan aroma pandan. Mungkin sudah saatnya Anda berkreasi kue bingka aneka rasa. Untuk menambah variasi, Anda bisa membuat bingka berwarna-warni dengan aneka rasa mulai dari stroberi hingga mochacino.


Combro

Konon ini singkatan dari oncom di jero atau oncom sebagai isian. Kreasikan dan kombinasikan isi oncom dengan bahan lain seperti daging, keju, atau bahkan dengan ikan. Anda juga bisa membuat bentuk baru dari oncom misalnya dengan bentuk hati atau kotak.


Klappertart

Bila berkunjung ke Manado salah satu makanan yang ingin dicicipi adalah klappertart. Penyajian yang menarik dan unik bisa jadi daya tarik baru. Misalnya dengan menambahkan bermacam toping mulai dari blueberry hingga cherry. Atau, bisa juga diolah dengan model layaknya cupcake!


Lumpia

Rasa rebung yang gurih dan empuk membuat lumpia disukai banyak orang. Tak ada salahnya Anda membuat kreasi baru lumpia dengan bentuk yang sedikit berbeda. Misalnya dengan model ala bite size, berukuran kecil namun punya aneka rasa. Bentuk mungilnya akan menarik perhatian, termasuk mereka yang sedang berdiet.


Bakpia kukus

Bakpia sangat terkenal di antara para wisatawan. Namun, Anda juga perlu memberikan pilihan berbeda terhadap mereka, misalnya jika selama ini bakpia dioven, coba buat dengan cara dikukus. Bagi wisatawan dari Jepang, bakpia kukus mungkin akan jadi pilihan menarik, karena bentuknya mirip dengan kue dorayaki.