Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Ada banyak rahasia untuk membuat roti dan kue. Sederhana, tapi penting. Sayangnya, mungkin ada banyak orang yang belum tahu cara ini. Itulah mengapa ada beberapa usaha bakery yang lebih cepat terkenal rasa enaknya dibanding yang lain. Salah satu rahasianya adalah dengan mempraktikkan “rahasia” ini. 

Apa saja rahasia mereka?

Gunakan pencetak kue dari logam dibanding dari bahan silikon

Gunakan pencetak kue dari logam dibanding dari bahan silikon

Membuat kue dengan cetakan berbahan lembut seperti silikon memang lebih praktis dan nyaman, tapi biasanya butuh waktu lebih lama untuk memasaknya. Jadi, jika Anda hendak membuat roti, akan lebih baik menggunakan cetakan berbahan logam. Bila tidak punya cetakan yang anti-lengket, jangan lupa gunakan alas adonan roti yang sudah diolesi dengan mentega. 

Menentukan komposisi yang tepat untuk menambahkan pengembang roti

Menentukan komposisi yang tepat untuk menambahkan pengembang roti

Menggunakan pengembang roti yang terlalu banyak—atau sebaliknya, terlalu sedikit—bisa membuat adonan roti kurang bagus jadinya. Rahasianya, coba campurkan empat sendok teh pengembang roti ke dalam setiap 200 gram-an tepung. Tambahkan atau kurangi sesuai komposisi ini.

Menentukan suhu pemanggangan yang tepat

Menentukan suhu pemanggangan yang tepat


Menentukan suhu yang tepat saat memanggang adonan roti sering kali menyulitkan. Jika terlalu panas, bisa membuat roti gosong di permukaan, tapi dalamnya masih agak mentah. Jika terlalu rendah suhunya, roti tidak jadi. Maka, lebih baik selalu ikuti perintah yang sudah diresepkan. Atau, paling mudah gunakan suhu sekitar 170oC dan kontrol selalu adonan roti Anda. 

Mencegah campuran buah mengumpul di bawah adonan

Mencegah campuran buah mengumpul di bawah adonan

Ingin membuat roti isian buah yang tersebar merata di semua bagian? Jika Anda menggunakan buah segar, letakkan buah itu di atas adonan tepat sebelum dimasukkan ke oven. Jika Anda menggunakan buah beku, campurlah buah beku bersamaan saat mengaduk tepung dalam adonan. Cara-cara tadi bisa mencegah campuran buah berkumpul di bagian bawah roti saat selesai dipanggang.

Rahasia lain membuat kue basah

Rahasia lain membuat kue basah

Selalu perhatikan adonan roti dalam oven. Jika tidak, itu akan menghasilkan roti yang gosong atau sebaliknya, kurang matang. Untuk memudahkannya, lebih baik gunakan suhu menengah dan dipanggang dalam waktu lebih lama. Ini akan menghasilkan roti yang matang di dalam dan luarnya pun pas. 

Cara lain untuk membuat roti basah yang enak? Lumeri roti dengan sirup tepat saat keluar dari oven. Gunakan rasa lemon, rose, atau perasa lain yang Anda suka untuk membuat roti berasa unik. Atau, Anda juga bisa menambahkan parutan buah basah—seperti apel, pisang, atau wortel—sehingga itu akan membuat tingkat kematangan kue basah terjaga. Rahasia lainnya? Ganti 1/3 gula dengan madu. Itu akan membuat kue basah Anda lebih terasa istimewa.