Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Coba pikirkan hal ini. Apa jadinya jika oleh-oleh Anda tidak didesain dengan cara yang pantas. Lalu, bandingkan dengan produk pesaing yang dibuat dengan desain cantik. Harganya bisa jadi lebih mahal; padahal rasanya hampir sama. Jika Anda jadi pembeli, kira-kira mana yang membuat Anda tertarik untuk membelinya?

Itulah mengapa Anda perlu mengemas oleh-oleh Anda dengan menarik. Bagaimana caranya? Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Kreatif harus, tapi buat juga kemasan yang jelas dan relevan
    Banyak kemasan makanan yang dibuat sangat kreatif, bahkan terlalu kreatif. Ya, itu memang bagus. Dan pasti sangat menarik perhatian. Tapi kreatif saja tidak cukup. Perhatikan kesesuaiannya dengan produk yang Anda jual.  Apa yang ditampilkan di kemasan harus jelas dan relevan dengan apa yang ada di dalam bungkusan. Letakkan nama merek dalam ukuran yang sesuai dan mudah dibaca. Usahakan tidak membuat foto yang diolah sehingga membuat tampilan produk terlalu cantik. Mengapa? Bisa jadi itu akan membuat kecewa pembeli jika mereka menemukan bahwa produk Anda ternyata berbeda dari foto yang ditampilkan di kemasan.  

  • Buat kemasan yang nyaman dibawa dan usahakan bisa didaur ulang
    Pelanggan saat ini banyak yang mencari makanan instan dan mudah dibawa. Mereka mencari oleh-oleh yang ringkas dengan kemasan tinggal bawa. Itu mengapa kemasan oleh-oleh Anda juga harus dibuat nyaman, ringan, dan ringkas untuk dibawa pulang. Selain itu, karena sekarang orang semakin peduli dengan lingkungan, coba buat kemasan yang bisa didaur ulang. Gunakan kertas atau produk daur ulang lain sehingga ini akan jadi nilai tambah bagi oleh-oleh Anda. 

  • Coba padu padankan warna dan desain yang menarik
    Banyak warna yang secara psikologis memberikan kesan tertentu. Gunakan warna hijau untuk menunjukkan kesegaran makanan, kuning untuk produk yang bisa membangkitkan semangat, oranye untuk menunjukkan keakraban, atau biru telur sebagai tanda produk Anda punya dampak menyehatkan. Coba kombinasikan warna warni tertentu yang berhubungan dengan produk Anda. Selanjutnya, buat juga kemasan yang membuat produk aslinya terlihat dari luar. Itu akan membuat pembeli bisa merasakan atau setidaknya membayangkan bagaimana rasa oleh-oleh Anda.