Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Jangan sekadar jadi pengikut! Ungkapan ini mungkin terdengar mudah, padahal tak sesederhana itu. Ada banyak hal yang harus dipikirkan. Termasuk soal membuat oleh-oleh. Banyak orang akan mencari produk yang cenderung sudah dikenalnya. Coba sebut oleh-oleh dari Semarang. Semua akan ikut menyebut lumpia, bandeng presto, atau moaci. Itulah mengapa pembuat oleh-oleh sering kali hanya mengikuti apa yang orang butuhkan. 

Tapi, sadarkah Anda kalau sebenarnya ada banyak ide kreatif untuk membuat oleh-oleh? Bagi Anda yang ingin jadi pemimpin di industri oleh-oleh, mengapa tidak mencoba jadi yang pertama? Mengapa tidak membuat hal unik yang baru? Atau, bahkan menciptakan sesuatu yang “tak terduga”?

Juara 1 Nasional: Bagelen Bekatul dari Super Roti Bakery 

Bisa jadi, oleh-oleh inovatif Anda bisa mengantarkan pada keberuntungan. Dan, inilah yang dilakukan Super Roti—pengusaha roti dari Semarang. Mereka membuat Bagelen Bekatul sebagai inovasi uniknya. Bekatul adalah kulit ari beras yang kaya dengan serat, vitamin, dan nutrisi penting lainnya, yang sayangnya justru sering dibuang begitu saja. Orang hanya mengambil berasnya. Tapi, di tangan kreatif Super Roti, bekatul yang banyak nutrisinya ini dijadikan komposisi utama untuk membuat oleh-oleh yang sehat. Lihat saja bagaimana mereka membuat kue uniknya ini. Tak heran, dengan keunikan ini membuat mereka jadi juara satu lomba Master Oleh-oleh. 

Master Oleh Oleh Winner - Ismiyati - Bagelan Bekatul

2.41

Juara 2 Nasional: Cake Salak Kilo dari Cake Salak Kilo Bakery

Oleh-oleh kreatif lainnya adalah Cake Salak Kilo Balikpapan. Sebenarnya, salak kebanyakan dikenal dari daerah Sleman Jogjakarta. Tapi kemudian, salak juga dikembangkan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Karena buah salak berlimpah, ada orang yang punya ide menjadikan salak punya nilai jual lebih tinggi. Lalu, ia membuat salak menjadi kue aneka rasa, dari keju hingga rasa almon. Hasilnya luar biasa! Lihat bagaimana kesuksesannya. Saat ini, produk tersebut jadi oleh-oleh unik khas Balikpapan. Rasa yang enak dan keunikan bahan baku inilah yang membuat mereka jadi pemenang kedua Master Oleh-oleh. 

Master Oleh Oleh Runner Up - Riswahyuni - Cake Salak Kilo

2.20

Juara 3 Nasional: Nutsafir dari Nutsafir Cookies Bakery

Pemenang ketiga juga punya keunikan tersendiri. Pembuat oleh-oleh dari Mataram Nusa Tenggara Barat ini punya ide untuk membuat kue yang tidak biasa. Lalu, ia membuat kue dengan aneka rasa unik, dari rasa melinjo, kacang merah, jagung, hingga kacang mede. Mereka memberi nama merek Nutsafir. Ingin tahu bagaimana mereka membuatnya jadi oleh-oleh yang unik? Lihat profil mereka di sini.

Master Oleh Oleh Third Place - Sayuk Wibawati - Nutsafir Cookies

2.30

Nantikan Kompetisi Berikutnya!

Semua pemenang tadi sangat unik, kreatif, inovatif, dan rasanya mantap. Mereka semua mendapat banyak keuntungan dengan memenangkan Master Oleh-oleh. Selanjutnya, sejarah akan mencatat kiprah mereka. Dari sekadar memulai langkah sederhana mendaftar Master Oleh-oleh, mereka kini mendapat dukungan luar biasa untuk jadi oleh-oleh yang paling dikenal di seluruh Indonesia. 

Mereka berhasil mendapatkan impiannya! Dapatkan juga inspirasi sukses dari pemenang oleh-oleh daerah lainnya, silakan lihat di sini. Selanjutnya, giliran Anda! Menangkan kesempatan untuk jadi terkenal seperti mereka dengan mendaftar Master Oleh-oleh berikutnya. 

Tak ingin ketinggalan informasi terbaru?  Ikuti terus tren terbaru tentang kompetisi dan resep dengan mendaftar di newsletter kami.