Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Lalu bagaimana caranya agar kerja bisa lebih produktif dan efisien? Cobalah mengatur karyawan agar bisa bekerja lebih baik. Hal utama yang harus diperhatikan adalah menempatkan orang yang tepat di dapur Anda. Dengan cara itu, pembuatan oleh-oleh Anda akan lebih produktif dan efisien. Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Telusuri kemampuan mereka untuk mencari tahu di mana bakat terbaik mereka
    Sebenarnya tiap orang seperti kepingan puzzle, tiap orang pasti punya kemampuan masing-masing untuk saling mendukung. Itulah mengapa Anda perlu mencari tahu di mana bakat terbaik mereka. Lakukan sejumlah tes kecil untuk mencarinya. Misalnya suruh dia membuat adonan, menghiasi makanan, atau pekerjaan apa pun yang dibutuhkan di dapur oleh-oleh Anda. Lakukan tes ini dalam sehari atau seminggu, maka Anda bisa melihat di mana kemampuan terbaik mereka. Lalu, tempatkan mereka pada area kerja yang sesuai. 

  • Buat daftar kerja untuk menjaga kemampuan terbaik mereka
    Setelah menemukan dan menempatkan karyawan pada area kerja yang sesuai kemampuan, buatlah sejumlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan daftar tersebut—apa pun yang mereka lakukan terkait tanggung jawabnya—mereka akan segera melakukan tanpa banyak bertanya. Ini bisa menjadi standar operasional kerja yang akan membantu meningkatkan produktivitas kerja. 

  • Lakukan rotasi karyawan untuk mencari tahu potensi mereka yang lain
    Apakah mingguan atau bulanan, lakukan sejumlah rotasi karyawan untuk mencari tahu potensi kemampuan mereka yang lain. Ini juga bisa meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan karena masing-masing jadi paham tugas orang lain. Selain itu, jika terjadi sesuatu pada salah satu pekerja, Anda akan lebih mudah mencari pekerja penggantinya. 

Terakhir, setelah tahu mana pekerja yang sesuai dengan kemampuan masing-masing, berikan petunjuk yang jelas tentang peran masing-masing. Ini bisa mencegah tumpang tindih pekerjaan dan di sisi lain membuat orang sama-sama paham tanggung jawab tiap bagian. Harapannya, semua itu bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi pembuatan oleh-oleh Anda.