Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Mulai dari rasa asin, manis, gurih, hingga aneka ragam rasa lain membuat banyak—atau bahkan sangat banyak—variasi makanan. Dari wilayah barat hingga ke timur, ada beragam pilihan variasi makanan. Itu juga yang membuat tiap daerah punya oleh-oleh khasnya tersendiri. Lalu oleh-oleh apa saja yang bisa dibeli di tiap daerah? Berikut hanya bagian kecil yang dikenal orang. Tapi, jumlah oleh-oleh di Jawa sebenarnya jauh lebih banyak. 

  • Oleh-oleh dengan rasa manis
    Banyak sekali oleh-oleh berasa manis di Jawa. Salah satu yang bisa dicari di hampir semua tempat adalah dodol. Tapi salah satu yang paling dikenal adalah dodol dari Garut. Oleh-oleh ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan gula jawa. Rasanya manis dan lengket. Oleh-oleh manis lainnya adalah bakpia dari Jogja. Bentuknya bulat dan dalamnya berisi adonan kacang hijau atau rasa lain seperti keju, durian, atau cokelat. 

    Ingin rasa manis lainnya? Anda bisa membeli wingko babat dari Semarang. Ini semacam pancake yang kering, terbuat dari campuran kelapa dan beras ketan. Rasanya macam-macam, seperti cokelat, durian, atau rasa asli kelapa. Ingin yang lain? Jika Anda suka singkong, Anda bisa mencari getuk goreng dari Sokaraja. Makanan ini adalah olahan dari singkong dan kelapa parut. 

  • Oleh-oleh dengan rasa asin
    Di Jawa oleh-oleh dengan rasa asin sebenarnya tak banyak. Anda bisa mencari keripik tempe dari daerah Malang. Oleh-oleh ini berupa tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga kering. Oleh-oleh asin lainnya adalah keripik singkong. Ini berupa singkong yang diiris tipis dan digoreng renyah sampai kriuk-kriuk. Ada lagi oleh-oleh asin kering yang terkenal, rempeyek. Ini adalah semacam kerupuk jawa yang terbuat dari banyak campuran, seperti adonan tepung beras, garam, bawang, tambahan santan, dan ditaburi kacang, kedelai, ikan teri kecil, atau ebi. 

  • Oleh-oleh dengan rasa campuran
    Ada banyak ragam rasa yang bisa ditemukan dari oleh-oleh di Jawa. Jika ingin merasakan makanan yang manis dan gurih, Anda bisa mencoba surabi. Makanan ini adalah pancake tradisional yang dibuat dari campuran tepung beras dan santan. Saat dibuat, di atasnya ada yang ditaburi dengan irisan tipis kelapa, kacang, atau kismis. Untuk yang suka manis, surabi disajikan dengan gula jawa cair. 

    Rasa kombinasi lain yang juga terkenal adalah lumpia dari Semarang. Lumpia ini biasanya dibuat dengan kulit renyah dan dalamnya berisi potongan sayur yang dicampur dengan ayam atau udang. Ingin rasa unik lainnya? Cobalah onde-onde. Ini adalah kue bulat dengan taburan wijen yang asin gurih di kulit luar dan dalamnya berisi kacang hijau manis. 

Itu sebagian kecil oleh-oleh yang biasa ditemui di Jawa. Masih banyak lagi kreasi oleh-oleh dengan aneka bentuk lainnya. Jadi, kalau Anda penasaran dengan aneka rasa dan kreasi oleh-oleh, daerah Jawa adalah pusatnya.