Menu

Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari contoh promosi makanan digital yang ampuh menarik perhatian kalangan Gen Z? Generasi ini dikenal mudah terpikat tren, memiliki daya beli yang terus meningkat, dan sangat aktif di media sosial. Untuk bisa menarik perhatian mereka, promosi makanan harus mampu menonjolkan keunggulan produk, menggugah selera, sekaligus relevan dengan karakter dan minat audiens yang dituju.

Peluang ini menjadi alasan mengapa pebisnis kuliner berlomba-lomba menyajikan konten yang tak hanya menarik dari segi visual tetapi juga relevan dengan gaya hidup Gen Z saat ini. Agar dapat bersaing dengan kompetitor dan meraih cuan bisnis kuliner dari target pasar ini, simak tips dan contoh promosi makanan di bawah ini.    

Contoh unggahan promosi makanan di media sosial.

Bagaimana Strategi Promosi Digital yang Cocok Untuk Gen Z?  

Tak hanya menciptakan foto dan video yang menggugah selera, Anda juga wajib memahami cara mereka berinteraksi dengan dunia digital. Kalangan Gen Z cenderung suka berpartisipasi dan menjadi bagian dari komunitas. Beberapa tips strategi pemasaran di bawah ini mungkin dapat membantu Anda menarik perhatian mereka:

1. Gunakan platform media sosial yang tepat

Dengan kalangan Gen Z yang sangat aktif di media sosial, memilih platform medsos yang tepat adalah kunci. Anda dapat fokus membuat konten promosi kuliner di media sosial yang paling banyak digunakan kalangan Gen Z. Misalnya TikTok, Instagram, dan YouTube. 

2. Gunakan bahasa kasual yang cenderung santai dan friendly

Dalam setiap konten promosi makanan produk Anda, gunakan bahasa kasual atau santai agar mereka merasa nyaman sekaligus terlibat. Konten dengan bahasa yang ringan, meme-friendly, atau mengikuti tren bahasa di media sosial akan lebih menarik perhatian. Gen Z cenderung membagikan konten yang membuat mereka tertawa atau merasa terwakili. Jadi, jangan ragu menggunakan bahasa sehari-hari, singkatan, bahkan emotikon untuk membuat konten terasa lebih dekat, menyenangkan, dan mendorong interaksi.

3. Engagement is King

Kalangan muda seperti Gen Z menyukai interaksi dua arah. Hindari hanya mengunggah konten tanpa memancing keterlibatan mereka. Anda bisa membangun komunitas untuk menjadikan promosi makanan Anda tepat sasaran. Penting sekali untuk selalu merespons komentar dan pesan mereka dengan cepat dan ramah. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dan menghargai feedback mereka.

4. Buat konten yang autentik

Bangun interaksi lewat komunitas atau konten yang dibuat pengguna atau UGC. Ajak mereka untuk berpartisipasi dengan membuat konten sendiri yang berkaitan dengan produk atau brand. Contohnya, adakan kompetisi foto atau video dengan hashtag khusus. Karena bersumber langsung dari pengguna, UGC terasa lebih orisinal dan autentik, sehingga lebih dipercaya dibandingkan iklan tradisional. Cara ini efektif untuk meningkatkan engagement sekaligus memperkuat citra brand.

5. Kolaborasi dengan influencer yang tepat sasaran

Anak muda lebih percaya pada rekomendasi dari orang yang mereka kagumi. Pilih influencer yang benar-benar mewakili nilai brand Anda dan memiliki audiens yang sama. Jumlah followers memang penting, tetapi sebaiknya utamakan tingkat keterlibatan atau engagement rate dan kualitas audiens influencer yang akan Anda ajak collab. Pertimbangkan juga kerja sama jangka panjang untuk membuat konten promosi terasa lebih natural.  

6. Konten yang autentik dan transparan

Anak muda bisa membedakan mana konten yang natural dan mana yang hanya sekadar iklan. Anda bisa membagikan cerita tentang brand history, value, dan misi bisnis. Transparansi dapat menciptakan ikatan emosional antara Anda dan konsumen. Ciptakan konten yang mengandung value, hiburan, atau solusi bagi masalah mereka, dan biarkan produk Anda menjadi bagian dari setiap konten tersebut secara natural.

7. Personalisasi dan interaksi

Ciptakan pengalaman yang unik dan personal bagi konsumen Anda. Personalisasi dan interaksi media sosial sangatlah penting untuk membuat Anda terkoneksi dengan pasar Gen Z. Ciptakan pengalaman relevan sekaligus menyenangkan yang tujuannya membuat mereka tertarik mencoba produk Anda. Misalnya lewat kuis, game, giveaway, atau kuesioner. 

Contoh promosi penawaran istimewa untuk menu restoran.

Apa Saja Contoh Promosi Makanan Digital yang Menarik?

Beberapa media sosial yang akrab dengan pengguna Gen Z dapat menjadi wadah Anda untuk berbagi promosi makanan digital. Anda bisa menggunakan platform TikTok, Instagram (fitur Instagram Feed, Stories, Reels), atau YouTube Shorts yang banyak digunakan oleh kalangan anak muda. Berikut beberapa contoh promosi makanan digital sebagai inspirasi konten media sosial bisnis Anda:    

1. Konten video transformasi makanan  

Buat video berupa transformasi makanan: Tampilkan proses pembuatan makanan dari bahan mentah hingga matang secara cepat (time-lapse). Misalnya, dari adonan hingga menjadi pizza yang lezat dengan lelehan keju. Sertakan musik yang sedang tren untuk menarik perhatian.

Contoh teks promosi makanan video transformasi:

"Inovasi rasa yang bikin penasaran: Sei Pizza! Daging sei yang smokey berpadu dengan adonan pizza empuk dan gurihnya keju. Setiap gigitan memberikan sensasi rasa yang bikin nagih. Limited time only!"

2. Video ASMR

Rekam visual saat memotong ayam goreng, lelehan keju, atau suara menyeruput kuah dan mi. Gunakan mikrofon eksternal yang berkualitas untuk merekam suara dengan lebih jelas dan detail. Tambahkan efek suara dari aplikasi edit video untuk hasilkan suara ASMR yang berkualitas.  Konten seperti ini sangat menggugah selera dan dapat bikin kalangan anak muda penasaran dan tertarik untuk coba.

Contoh promosi makanan video ASMR:

"Kenalkan, pujaan baru di menu kami: Royal Beef Ramen! Setiap suapan adalah perpaduan sempurna antara kuah kaldu sapi kaya rasa, mi kenyal, dan irisan daging sapi berkualitas yang super empuk. Waktunya makan enak dan royal!"

3. Konten promosi makanan interaktif.

Buat polling atau pertanyaan seperti "Tim gurih atau Tim manis?" atau "Topping apa yang paling cocok untuk menu baru martabak kami?". Ini meningkatkan keterlibatan dan Anda bisa mendapatkan data preferensi pelanggan.

Contoh promosi makanan lewat media sosial.

4. Promosi makanan lewat giveaway.

Adakan giveaway dengan syarat mudah. Contohnya, “Bagikan postingan menu terbaru ini di story atau feed kamu, tag 3 teman, dan menangkan voucher makan senilai 200K!". Cara ini efektif untuk menyebarkan promosi sekaligus memperluas target pasar.

Kartun dua orang sedang ‘cheers’ cangkir kopi

5. Buat konten makanan yang terinspirasi dari tren viral atau hari istimewa.

Kombinasikan topik yang sedang ramai di media sosial, lalu gabungkan dengan menu yang sedang dipromosikan. Anda juga bisa mempromosikan menu Anda dengan hari istimewa atau event tahunan.

Contoh promosi makanan dari event tahunan:

Spesial Kopi + Taco Sapi Hanya Hari Ini!

“International coffee day enaknya dirayakan dengan yang istimewa! Nikmati Paket Hemat secangkir Kopi favorit kamu dan Taco Sapi Rambige, cuma Rp 75K saja. Dapatkan satu porsi Taco Sapi Rambige dan pilihan kopi Americano/Latte/Kopi Susu Gula Aren untuk menemani harimu. Jangan sampai kehabisan, ya!”
 

6. Buat video BTS atau foto teaser untuk menu terbaru.

Hadirkan foto atau video pendek tentang behind the scene menu terbaru bisnis Anda. Misalnya saat chef sedang memilih bahan dan bumbu berkualitas di pasar untuk menyiapkan menu baru demi pelanggan setia. Ini menambah nilai personal dan membuat pelanggan merasa terhubung dengan brand Anda. 

Seporsi ayam napinadar disajikan di atas piring keramik putih

7. Promosi menu spesial dengan visual estetik.

Tampilkan foto makanan dengan pencahayaan yang bagus dan resolusi tinggi. Anda dapat fokus pada detail seperti bentuk, warna, dan komposisi makanan yang bikin ngiler. Sertakan value yang dapat membuat konsumen terpikat, seperti diskon, buy 1 get 1, dan lainnya.   

Contoh promosi makanan menu spesial:  

Foto ayam panggang napinadar dengan nasi panas dan sambal andaliman. Goda pengguna media sosial dengan kalimat “Yakin, nggak mau makan siang sama ayam panggang napinadar yang eksotis ini?”.

Tambahkan promosi yang semakin menggiurkan dengan, “Dapatkan diskon 20% untuk pembelian 2 paket ayam panggang napinadar. Yuk, pesan buat makan siang bareng temen kamu!” 

8. Interaksi lewat challenge

Ajak pengguna media sosial untuk membuat konten bersama produk Anda. Interaksi ini sangat menguntungkan karena membantu audiens ikut mempromosikan produk Anda secara gratis sekaligus berpeluang memperluas pasar.

Contoh promosi makanan challenge:

Tantangan bakmi chili oil level pedas ekstrem.

“Yuk, Ikutan #bakmichilioilchallenge dengan buat video unik kamu sedang menikmati bakmi chili oil level pedas ekstrem kami dan upload di akun media sosial kamu.

Tag 3 teman kamu dan kami akan pilih 5 video terunik untuk dapat voucher makan gratis senilai Rp250K.”

9. Video kolaborasi

Tak sekadar menonjolkan chef atau produk bisnis Anda, gunakan strategi kolaborasi bersama influencer atau brand lain untuk memperluas pasar Anda. Misalnya promosi kemasan ramah lingkungan untuk launching produk atau menu favorit. Kemas dengan pesan yang dapat menginspirasi konsumen Anda untuk ikut peduli lingkungan.

Contoh promosi makanan kolaborasi

"Mau makan enak, hemat, dan juga peduli sama bumi? Yuk, cobain paket kolaborasi kita bareng tumbler dan lunch box kece ini dengan harga spesial!”

“Buruan, stok terbatas!"

10. Konten video yang relevan atau situasi Gen Z.

Tak melulu topik utama seputar makanan, kaitkan promosi makanan Anda lewat video dengan sudut pandang yang relevan dengan situasi sehari-hari. Misalnya kecapean menghadapi kemacetan, tanggal tua, morning rush, dan lainnya.

Contoh promosi makanan tanggal tua:   

"E-wallet kamu makin menipis? Tenang, perut tetap harus happy, dong!

Ada paket hemat tanggal tua:

Cuma Rp25K, kamu bisa nikmati Ayam Goreng Bawang Putih yang gurih dan renyah, lengkap dengan nasi, lalapan, dan sambal pedas! Dijamin kenyang dan bikin kamu lupa kalau lagi bokek.

Buruan pesan sebelum kehabisan!"

Dari sederet contoh promosi makanan di atas, pilih mana yang paling relevan untuk produk dan konsumen Anda saat ini. Selain itu, pastikan semua hidangan dalam menu Anda tak hanya lezat tetapi juga konsisten. Unilever Food Solutions bantu wujudkan pengalaman kuliner yang menyenangkan lewat berbagai inspirasi hidangan yang lezatnya konsisten. Hadirkan berbagai produk berkualitas seperti Knorr Chicken Seasoning Powder, Knorr Demi Glace Sauce Mix, Knorr Potato Flakes, hingga Knorr Lime Powder untuk ciptakan hidangan berkualitas sekaligus bantu Anda jadikan dapur operasional lebih efisien.

Home
Produk
Resep
Cart
Menu