Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Menjadi chef bukan sekadar tahu cara membalik omelet atau membumbui steak, tetapi juga memerlukan keahlian organisasional yang baik, kalkulator tepercaya, dan beberapa keterampilan matematika kuliner dasar untuk membawa Anda ke jenjang lebih tinggi.


Ada banyak cara untuk menghitung biaya makanan. Aturan dasar yang utama adalah bahwa biaya makanan harus berkisar 33% dari harga menu Anda. Berikut ini panduan dasar untuk menghitung biaya dan menentukan harga menu.

1. Ketahui bahan makanan Anda

Catat semua bahan makanan termasuk takaran yang digunakan dalam hidangan. Mungkin terkesan berlebihan saat mencatat hal kecil seperti garam dan merica atau minyak goreng, tapi hal ini sangat penting jika ingin mengetahui biaya yang akurat.

2. Kontrol porsi

Anda tentu tidak mau kue kepiting mini Anda berubah menjadi kue kepiting jumbo di tangan chef. Jadi, pastikan untuk menjelaskan kepada rekan juru masak Anda untuk memastikan bahwa porsi yang tepat dihasilkan secara konsisten. Gunakan timbangan untuk mengukur setiap porsi saat memulai, dan pada akhirnya Anda akan terbiasa setelah membuat hidangan yang sama beberapa kali. Ingat, porsi memengaruhi hitungan biaya dan biaya memengaruhi margin akhir.

Timbang setiap bahan.
Ingat, porsi memengaruhi hitungan biaya dan biaya memengaruhi margin akhir.


3. Buat perincian harga biaya setiap bahan makanan

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan 10g udang, bagi biayanya sesuai faktur pesanan Anda. Jangan lupa untuk memasukkan semua biaya – misalnya, pajak layanan, biaya pengiriman, dll. – yang terkait dengan biaya makanan Anda.


4. Menentukan harga menu

Berapa pun total biaya pembuatan hidangan, biaya makanan harus berkisar 33% dari biaya menu. Sebagai contoh, jika harga hidangan sebesar $24, maka biaya makanan harus sekitar $8. Jika Anda membuat porsi yang lebih besar dengan harga menu tetap sama, maka biaya makanan Anda akan bertambah dan margin laba akan berkurang.

5. Pelanggan sensitif dengan angka

Mungkin tidak terlalu berpengaruh menambahkan satu atau dua dolar untuk menyesuaikan beberapa biaya yang bervariasi, namun perlu diketahui bahwa pelanggan sangat sensitif terhadap kenaikan harga. Oleh karena itu, Anda pasti ingin seakurat mungkin dalam perhitugan biaya dapur terutama saat Anda menghitung harga menu pertama kalinya.

Menentukan harga menu yang tepat dan mencapai keseimbangan yang sempurna antara memuaskan pengunjung dan menghasilkan laba tidak selalu mudah. Namun, ini merupakan langkah penting dan diperlukan untuk keberhasilan bisnis Anda.