Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Sebagai chef, kami tahu bahwa semua masakan termasuk masakan Barat dipengaruhi oleh banyak faktor misalnya, selera pengunjung restoran yang terus berubah, budaya setempat, dan tren makanan.

Jadi apa sebenarnya 3 tren yang membentuk dunia masakan Barat saat ini?

1. Saus dasar


Sebagian besar masakan Barat berasal dari makanan Prancis klasik. Modernisasi teknik memasak makanan Prancis klasik oleh Auguste Escoffier melandasi dunia kuliner saat ini, terutama, upayanya dalam mempopulerkan 5 saus dasar:

  • Béchamel (atau saus putih)
  • Espagnole
  • Velouté
  • Hollandaise
  • Tomato

Bahkan dengan semakin banyaknya saus yang dibuat untuk masakan Barat akhir-akhir ini, tidak sulit untuk mengetahui bahwa saus dasar merupakan basis dari kreasi tersebut. Contoh: saus anggur putih dan saus jamur asalnya dari velouté.

Jadi, baik menyajikan hidangan Italia yang lezat atau perpaduan masakan Barat, memahami asal-usul saus dasar sangat penting.

2. Penyajian dan Hidangan

Terlepas dari definisinya yang terus berkembang, masakan Barat memiliki tatanan tertentu yang tetap memiliki unsur klasik. Penyajian di atas piring, misalnya, tidak banyak berubah. Kita masih biasa melihat hidangan protein di atas piring (baik daging, ikan, maupun unggas) bersama dengan karbohidrat (kentang, nasi, atau pasta) dan sayuran untuk hidangan utama. Sup dan salad tetap disajikan sebagai hidangan pembuka, dan santapan diakhiri dengan hidangan penutup.


 

3. Pengaruh Nordik

Belakangan ini, perhatian beralih ke negara-negara Nordik seperti Denmark, Norwegia, Swedia, dan Finlandia, untuk fokus mereka pada bahan makanan dan masakan khas wilayah tertentu. Dengan semakin banyaknya orang yang terlibat dan tertarik dengan asal makanan mereka, tren Nordik ini memengaruhi masakan barat di seluruh dunia bersama dengan ideologi kuliner dan teknik memasaknya.


Mulai dari fermentasi dan pengawetan sayur-sayuran hingga pengasapan ikan, definisi masakan barat benar-benar mengalami perombakan dan hadir dengan berbagai bahan makanan dengan gaya dan teknik penyajian yang lebih beragam dibandingkan sebelumnya.

Dengan terus mengikuti tren makanan terbaru tidak hanya akan membantu Anda menyajikan lebih banyak makanan lezat, tapi juga membuat restoran Anda senantiasa diingat oleh pengunjung dan kalangan bisnis makanan.