Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Tata letak menu

Jauh sebelum calon tamu menginjakkan kaki di restoran Anda, mereka mungkin sudah melihat-lihat menu Anda secara online. Tata letak menu adalah salah satu kesan visual pertama yang bisa Anda berikan kepada tamu untuk menarik perhatiannya.


Di restoran Barat pada umumnya, menu dikelompokkan dalam tiga kategori utama:

  • Hidangan pembuka
  • Sup
  • Salad
  • Hidangan Utama
  • Hidangan penutup

Namun, tergantung tema restoran, menu harus menunjukkan alur urutan makanan. Sebagai contoh, hidangan untuk dinikmati bersama sangat populer beberapa tahun terakhir ini, dan bisa digunakan pada hidangan pembuka di menu Anda jika sesuai dengan tema restoran. Cara ini cukup baik untuk menambah warna pada pengalaman makan. Anda juga bisa menciptakan kreasi dalam menyajikan menu - beberapa restoran menggunakan papan tulis, papan klip, atau bingkai terpasang untuk menciptakan faktor 'wow' yang lebih berkesan.

Keterangan menu

Bagaimana Anda memberikan keterangan untuk makanan Anda?

Hidangan harus diberi keterangan yang jelas, sederhana, dan menarik minat pengunjung. Pertimbangkan pilihan kata yang langsung memberikan gambaran visual menarik di benak tamu Anda. Hidangan yang kedengarannya tidak menarik atau terlalu rumit akan membingungkan dan menghilangkan kemungkinan untuk dipesan.

Buat deskripsi makanan yang sederhana

Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, hindari kalimat yang berlebihan. Jangan gunakan istilah yang hanya bisa dipahami oleh staf dapur. Dengan memberi nama yang simpel pada hidangan, berarti Anda menciptakan personalisasi pada hidangan, sehingga membuatnya terus diingat oleh tamu. Cobalah bermain dengan pilihan kata untuk hidangan utama dan siapa tahu hidangan ini akan menjadi hidangan terlaris berikutnya.

Terakhir, dan yang terpenting, periksa kesalahan ejaan yang mungkin terlewat dari pengawasan Anda dan segera perbaiki.

Harga menu

Setiap chef yang kompeten pasti tahu bahwa memahami cara menghitung biaya makanan adalah salah satu aspek terpenting dalam mengelola dapur. Nilai yang umum untuk biaya makanan berkisar di 32% dari harga jual. Perhitungkan semua bahan makanan yang digunakan untuk membuat hidangan sebelum menghitung harga menu.

Konsistenlah dengan harga menu Anda. Jangan membuat perbedaan harga yang terlalu menyolok dengan kategori yang sama karena tamu mungkin sensitif dengan harga yang lebih tinggi. Sebagai contoh, Anda pasti tidak akan menjual hidangan ikan seharga $20 dan steak $70. Terakhir, bulatkan bilangan harga agar tidak terlihat aneh seperti $28.75. Jangan lupa – menu yang simpel adalah menu yang baik.