Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

1. Pisau

1. Pisau

Alat paling berharga dalam pekerjaan chef. Seperangkat pisau bagus yang dapat menentukan kualitas hidangan Anda. Pisau yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula di dapur, Anda tentu tidak ingin terlihat menggunakan pisau ukir untuk memotong daging. Anda tidak hanya akan membuang waktu berharga, Anda juga dapat terluka.

2. Panci dan Wajan

2. Panci dan Wajan

Anda memerlukan seperangkat panci dan wajan yang bagus untuk melakukan kegiatan memasak mulai dari menumis dan merebus hingga membuat saus. Wajan umumnya terbuat dari bahan stainless steel dan berguna untuk menumis daging, ikan, dan sayuran. Panci memiliki dasar yang lebih dalam dan berguna untuk membuat sup, kaldu, dan saus.

3. Talenan

3. Talenan

Sediakan satu talenan untuk setiap bahan makanan yang berbeda guna mencegah kontaminasi rasa. Jangan gunakan talenan yang telah digunakan untuk mencacah bawang putih dan bawang merah untuk mengiris daging mentah. Selain tidak higienis, hal ini juga mengubah rasa hidangan.

4. Spatula, Sendok, Jepitan

4. Spatula, Sendok, Jepitan

Alat ini tidak terlalu penting namun jika digunakan akan menghemat waktu berharga saat layanan ramai. Dibuat untuk mengangkat mie, membalik daging, atau mencicipi saus, tidak perlu dipertanyakan lagi pentingnya peralatan dapur sehari-hari ini.

5. Timbangan

5. Timbangan

Mulai dari menimbang daging dan saus hingga bumbu, timbangan adalah perlengkapan terbaik chef ketika harus menakar. Ingat, Anda tentu tidak ingin memberi lebih atau kurang dari yang dibutuhkan.

6. Alat Pengupas

6. Alat Pengupas

Alat pengupas membantu melepaskan kulit luar sayuran dan buah seperti wortel, kentang, dan anggur. Meski Anda dapat menggunakan pisau ukir untuk melakukannya, alat pengupas tetap merupakan alat yang lebih cepat dan lebih efisien untuk membersihkan bahan makanan Anda.

7. Panci Pemanggang

7. Panci Pemanggang

Baik untuk memanggang roti maupun pastri, setiap dapur harus memiliki panci atau tatakan pemanggang.

8. Mangkuk Adonan

8. Mangkuk Adonan

Mangkuk adonan terbuat dari berbagai jenis material, tetapi jenis stainless steel adalah yang paling banyak dijumpai di berbagai dapur komersial. Mangkuk ini cukup dalam untuk menaruh bahan makanan tanpa perlu khawatir tumpah.

9. Blender

9. Blender

Blender berguna untuk membantu mencampur atau mengemulsi makanan dan bahan lainnya. Dengan blender, Anda dapat membuat sup kental atau melumatkan bahan padat menjadi cair.

10. Lemari Pendingin / Freezer

10. Lemari Pendingin / Freezer

Lemari pendingin atau freezer adalah salah satu perlengkapan dasar di dapur profesional, yang membantu mempertahankan kesegaran bahan makanan dalam waktu lama.