Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Jika telah Anda terlatih memasak masakan Asia sebelumnya, kemungkinan Anda tidak akan asing lagi memasak hidangan laut. Namun, perhatikan bahwa hidangan laut dalam masakan Barat sangatlah berbeda. Teknik memasak yang digunakan sangat berbeda dari gaya Asia dan mungkin menggunakan jenis ikan, udang dan kerang yang berbeda yang biasanya tidak digunakan dalam masakan Asia. Berikut ini adalah panduan jenis hidangan laut yang paling umum dalam masakan Barat dan cara memasaknya.


Jenis ikan yang satu sangatlah berbeda dengan yang lain, dan ada banyak faktor lain yang menentukan cara terbaik untuk memasaknya. Salmon, misalnya, adalah ikan yang sangat berminyak, membuat salmon cocok untuk dipanggang, digoreng, direbus, dan dibakar. Ikan yang serbaguna ini sangat cocok dengan saus beurre blanc yang lembut.

Salmon, misalnya, adalah ikan yang sangat berminyak, membuat salmon cocok untuk dipanggang, digoreng, direbus, dan dibakar. Ikan yang serbaguna ini sangat cocok dengan saus beurre blanc yang lembut.

Hollandaise biasanya digunakan bersama dengan berbagai jenis hidangan ikan. Anda juga dapat membuat jus simpel dengan jus dari ikan yang ada di penggorengan. Salah satunya, ikan sebelah goreng, dapat disajikan hanya dengan mentega yang Anda masak bersama ikan tersebut. Yang Anda butuhkan hanya perasan lemon dan beberapa lembar peterseli untuk melengkapi hidangan tersebut.


Makhluk laut yang tampak aneh ini akan menjadi hidangan yang lezat! Lobster, kepiting, udang, dan lobster air tawar adalah contoh dari udang-udangan yang biasa digunakan.

Anda dapat memasak lobster dengan mengukus, merebus, membakar, atau memanggangnya, setiap cara memasak tersebut menghasilkan tekstur yang sangat berbeda.

Lobster, jenis udang terbesar dalam kategori ini, dapat dipersiapkan dalam beberapa gaya. Anda dapat memasak lobster dengan mengukus, merebus, membakar, atau memanggangnya, setiap cara memasak tersebut menghasilkan tekstur yang sangat berbeda. Sajikan dagingnya bersama hidangan pendamping berupa kentang goreng dan saus mentega rempah-rempah dan Anda akan mendapatkan hidangan yang lezat.

 

Anda dapat membuat berbagai saus dari memasak udang-udangan. Salah satu produk sampingan yang paling terkenal adalah bisque (sejenis sup krim), yang dibuat dari memasak jus lobster, kepiting, udang, lobster air tawar, atau langoustine. Tambahkan sedikit crème fraiche atau krim ke bisque untuk menjadikannya hidangan pembuka yang lezat.


Kerang yang bagus biasanya cukup segar untuk dimakan dengan sedikit bumbu atau tambahan. Jika kerang tidak terlihat segar atau menimbulkan bau tak sedap, segera buang; Anda pasti tidak ingin risiko keracunan kerang. Untuk tiram, pastikan di dalamnya mengandung cukup banyak air laut dan dagingnya berwarna buram. Tiram harus memiliki bau yang segar dan terasa asin. Percayalah, Anda akan mengetahui tiram yang tidak segar dari baunya.

Untuk kerang dan kerang hijau, pastikan kerangnya dalam keadaan tertutup saat Anda mendapatkannya. Itu artinya kerang masih dalam keadaan hidup. Terakhir, simping yang segar harus padat, berwarna cerah, dan tidak berbau.

Berikut ini adalah hal yang harus Anda perhatikan saat memilih kerang:

Tiram

Tiram

  • Terdapat air laut dalam jumlah yang cukup di dalam kerangnya
  • Dagingnya berwarna buram
  • Memiliki bau yang segar dan terasa asin

Kerang & Kerang hijau

Kerang & Kerang hijau

  • Kerangnya harus dalam keadaan tertutup saat Anda mendapatkannya. Itu artinya kerangnya masih hidup

Simping

Simping

  • Dagingnya harus padat
  • Berwarna cerah
  • Tidak berbau