Menu

Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Panduan Bisnis Makanan Cepat Saji Lokal Secara Online: Dari Pemasaran Hingga Regulasi Pangan

Di era digital ini, menjual makanan cepat saji lewat pelayanan online atau takeaway merupakan salah satu peluang usaha yang sangat potensial. Dengan model bisnis yang berfokus pada pelayanan online dan takeaway, tentu akan menghemat biaya operasional yang cukup besar seperti pengadaan area dine-in hingga gaji karyawan. Sebagai gantinya, biaya ini dapat dialihkan untuk memaksimalkan efisiensi dapur, kecepatan produksi, dan biaya pemasaran dengan target pasar yang lebih luas melalui platform digital.

Sebagai produk andalan, pilih tipe makanan cepat yang menyasar semua kalangan, misalnya makanan Indonesia atau cita rasa lokal. Dengan peminat yang sangat luas,  bahan baku murah dan mudah didapat, hingga fleksibel untuk dimodifikasi, sehingga memberi banyak kemudahan bagi Anda. 

Alt Image Text

Menu Apa yang Cocok Dijadikan Makanan Cepat Saji?

Pilih jenis makanan lokal favorit atau dapat dinikmati banyak kalangan. Misalnya cocok untuk pelajar, mahasiswa, keluarga, atau pekerja kantoran. Untuk kriteria makanan cepat saji, Anda bisa memilih jenis kategori hidangan yang mudah disajikan, praktis, tidak cepat basi, serta mudah dikemas. Namun pastikan produk tersebut merupakan kebutuhan target pasar Anda dan sesuai dengan selera mereka. Berikut inspirasinya:

Alt Image Text

1. Paket nasi komplet    

Menu nasi yang sudah lengkap dengan lauk dan sayuran cukup populer di aplikasi ojek online. Misalnya rice bowl atau paket nasi dengan lauk ayam goreng mentega, ayam goreng lengkuas, dan lainnya. Set menu yang mengenyangkan tentu sangat cocok untuk konsumen pelajar, pekerja kantoran, bahkan keluarga.

Alt Image Text

2. Ayam goreng

Selain praktis, makanan cepat saji mesti dapat disiapkan secara cepat sehingga demi memberi pelayanan memuaskan bagi konsumen. Optimalkan mise en place hidangan ayam goreng dengan menyiapkan ayam ungkep yang dapat diproduksi sekaligus banyak. Untuk operasional harian dapat fokus pada pelayanan dan mise en place untuk bahan pelengkap, seperti nasi, lalapan, sambal. Pilih sajian ayam goreng yang mudah disukai. Misalnya ayam goreng bumbu kuning, ayam crispy dengan sambal, ayam tulang lunak, ayam goreng rempah, dan masih banyak lagi. Agar durasi mise en place lebih efisien, pilih Knorr Lime Powder untuk memberi rasa alami jeruk nipis pada daging ayam sebelum diungkep.

Alt Image Text

3. Bakso

Comfort food lokal ini digemari semua kalangan dan bisa disantap kapan pun dan di mana pun. Penyajiannya kilat dan bisa diproduksi sekaligus dalam jumlah besar. Dengan fleksibilitasnya, ciptakan variasi bakso dengan berbagai isi dan gaya penyajian kekinian. Misalnya bakso mercon, bakso isi jando, bakso bakar, atau bakso cuanki. Racik kaldu sumsum sapi bersama Knorr Beef Seasoning Powder atau Royco Bumbu Kuah Bakso untuk menghasilkan sajian bakso kuah yang gurih dan kaya rasa.

Alt Image Text

4. Mi ayam

Bahan baku olahan mi seperti mi ayam relatif terjangkau dan bisa digunakan untuk diversifikasi menu, misalnya dibuat dalam versi frozen food. Selain diciptakan untuk menambah omzet, Anda juga berpeluang memperluas pasar. Ciptakan kreasi menu mi ayam yang kreatif untuk memenuhi selera konsumen yang beragam. Seperti mi ayam jamur, mi jebew, mi ayam bakso, atau cwie mi. Bumbui topping mi dengan Knorr Oyster Sauce untuk mendapatkan rasa gurih manis yang seimbang dari tiram berkualitas asal Samudra Pasifik.

Alt Image Text

6. Camilan atau jajanan pasar

Mungkin Anda bisa jadi pelopor waralaba makanan yang fokus pada jajanan pasar atau camilan khas Indonesia. Menu ini dapat menjadi pusat perhatian masyarakat kota besar yang sibuk dan butuh jajanan pagi untuk sarapan atau coffee break. Berikan twist yang menjadikan pembeda jajanan Anda dengan versi yang umum ditemui. Misalnya gorengan platter, tahu isi tiga jamur, cireng isi jando, pisang onde, batagor kribo, atau seblak.

Alt Image Text

7. Roti bakar atau sandwich rasa lokal 

Adaptasi konsep sandwich dengan balutan rasa Nusantara yang mudah diterima. Anda bisa menyajikan sandwich dengan isi lauk dan sayuran khas Indonesia yang dapat disajikan secara praktis dan cepat. Misalnya sandwich isi ayam woku, daging balado, ayam geprek, atau ayam rica. Olah berbagai isian roti lapis ini dengan bantuan Knorr Chicken Seasoning Powder untuk memberi rasa gurih alami khas daging ayam. Beri pilihan roti bervariasi untuk memenuhi preferensi konsumen. Anda bisa memberi pilihan roti wrap, roti tawar, soft baguette, atau roti sourdough yang sedang populer di kalangan pencinta roti. 

Alt Image Text

8. Soto

Penyajian soto yang kilat sangat ideal dijadikan konsep restoran fast food. Hadirkan menu soto Nusantara favorit yang memang sudah akrab di lidah banyak orang. Contohnya untuk soto berbahan baku ayam kampung dapat diolah menjadi soto Lamongan, soto Banjar, soto Ambengan, soto ayam bening, soto Kudus dan masih banyak lagi. Untuk soto daging sapi, Anda bisa jadikan soto Madura, coto Makassar, atau soto Betawi sebagai menu jagoan. 

Apa Saja Tips Memulai Jualan Makanan Cepat Saji Secara Online?

Dalam memulai bisnis makanan yang fokus pada pelayanan online atau takeaway, investasikan modal Anda untuk ciptakan operasional yang efisien dimulai dari proses produksi, pemesanan, hingga sistem pengiriman. Berikut aspek yang menjadi pertimbangan dalam operasional fast food yang fokus pada pelayanan online:

Alt Image Text

1. Ciptakan sistem produksi yang efisien

Keuntungan memiliki usaha kuliner online adalah Anda tak perlu memikirkan lokasi yang berada di pusat keramaian sehingga biaya sewa lebih terjangkau. Ciptakan cloud kitchen atau dapur operasional dengan alur kerja yang sistematis, serta tata letak yang memudahkan semua proses. Dimulai dari penerimaan bahan baku hingga penyajian makanan. Sebelum memulai, pertimbangkan tata letak dapur dengan layout yang memenuhi semua kebutuhan di bawah ini: 

  • Area penerimaan bahan baku dari supplier yang cukup untuk proses unloading, inspeksi, dan penyimpanan bahan baku di awal.
  • Storage atau area penyimpanan bahan baku. Pastikan memiliki area terpisah untuk bahan baku basah dan kering.
  • Area mise en place atau preparation yang memuat meja kerja stainless steel yang cukup luas untuk menyiapkan kebutuhan produksi. Lengkapi dengan cutting board, pisau, wadah, dan mesin seperti slicer, chopper, atau mixer bila perlu.
  • Cooking station atau area memasak dengan tata letak kompor, grill, fryer, atau oven yang strategis. Lokasi memasak wajib dekat dengan area mise en place dan pengemasan.
  • Area pengemasan sekaligus pick-up sangat esensial untuk cloud kitchen. Siapkan meja khusus dengan semua kebutuhannya, dimulai dari kemasan, alat makan, beserta kondimen yang tertata rapi dan mudah dijangkau. Bila usaha Anda berskala besar, area pengemasan dan pick-up dapat terpisah namun harus berdekatan agar lebih efisien. 

Yang paling penting, pastikan restoran Anda memiliki SOP untuk setiap prosedur dimulai dari penerimaan bahan baku, proses mise en place, memasak, hingga pengemasan dan pembersihan. Fungsinya agar semua staf mengikuti cara kerja yang sama atau sesuai standar.

Alt Image Text

2. Situs untuk etalase produk sekaligus media pemesanan

Selain bekerja sama dengan pihak ketiga seperti aplikasi ojek online, Anda juga dapat menciptakan situs brand yang berfungsi sebagai etalase digital sekaligus media pemesanan produk. 

Jika konsumen Anda didominasi pelanggan muda, maka ciptakan situs yang menarik, informatif, mudah digunakan (user friendly). Berikut hal-hal yang wajib dipertimbangkan saat membuat situs pemesanan:

Halaman produk yang interaktif

Pamerkan foto makanan atau produk yang menggugah selera dengan pencahayaan terang, gambar produk jelas atau tidak blur. Beri deskripsi produk jelas namun singkat beserta harganya. Bila Anda memiliki pilihan paket set menu, hadirkan pilihan customize yang memberikan pengalaman kuliner yang lebih sesuai dengan selera pelanggan. Misalnya untuk pilihan paket ayam goreng kuning, Anda dapat hadirkan pilihan nasi putih, nasi uduk, atau nasi merah.  

Sistem keranjang belanja

Mudahkan pengalaman belanja konsumen dengan sistem keranjang belanja sehingga memungkinkan pelanggan menambahkan beberapa makanan atau produk ke dalam pesanan mereka.

Berikan opsi pembayaran beragam

Hadirkan pilihan pembayaran online yang umum di kalangan konsumen. Misalnya dompet digital, transfer bank, kartu kredit, atau cash on delivery (COD).

Informasi kontak

Pastikan pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Anda jika ada kendala selama pemesanan. Misalnya terdapat kesalahan dalam pesanan, kendala kurir di jalan, kurir tidak mengantar tepat waktu, atau pesanan salah alamat.

 3. Manfaatkan teknologi untuk sistem pemesanan yang efektif

Maksimalkan sistem pemesanan demi meminimalisir risiko kesalahan komunikasi yang sering terjadi antara pelanggan dan staf. Sistem ini juga bertujuan untuk menjaga kepuasan pelanggan.

  • Gunakan sistem Point-of-Sale (POS) yang terintegrasi dengan website dan berbagai platform delivery ojek online atau pihak ketiga agar semua pesanan masuk ke dalam satu sistem.
  • Manfaatkan printer thermal untuk mencetak tiket pesanan langsung di area memasak dan pengemasan dengan informasi nomor pesanan, nama produk atau menu, dan customization. 
  • Terapkan sistem manajemen antrean untuk membantu staf di dapur memprioritaskan dan melacak status pesanan.
  • Gunakan juga software inventaris untuk melacak stok bahan baku secara real-time. Sistem ini ikut membantu Anda merealisasikan manajemen supply yang efektif sehingga Anda lebih mudah memprediksi kebutuhan baku sekaligus mencegah kehabisan stok.
Alt Image Text

4. Sistem pengiriman yang efektif

Kunci keberhasilan bisnis makanan cepat saji online adalah sistem pengemasan hingga pengiriman yang efektif. Pilih kemasan yang aman untuk menjamin produk Anda sampai kepada konsumen tanpa ada kerusakan akibat proses pengiriman.

Selain mengandalkan kemitraan dengan ojek online sebagai jasa pengiriman, Anda dapat menggunakan pengiriman internal terutama jika konsumen berada dekat dari jangkauan dapur sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan. Berikut tips ciptakan sistem pengiriman yang efektif: 

  • Pastikan sistem Anda terintegrasi dengan platform delivery utama untuk alur pesanan yang efisien.
  • Jika memiliki kurir internal, gunakan aplikasi yang bisa melacak posisi kurir, mengoptimalkan rute, dan memberikan estimasi waktu tiba kepada pelanggan.
  • Kirimkan notifikasi otomatis kepada pelanggan tentang status pesanan mereka. Di dalamnya mencakup pesanan diterima, sedang disiapkan, sedang diantar, atau sudah diterima untuk  mengurangi pertanyaan langsung dari pelanggan.
  • Tentukan area cakupan pengiriman yang realistis, terutama jika menggunakan armada internal. Pertimbangkan waktu tempuh dan kepadatan lalu lintas.

Apa Saja Regulasi Pangan yang Harus Dipatuhi?  

Membuka usaha kuliner di Indonesia dengan standar kebersihan dan keamanan pangan yang tinggi bukan hanya soal reputasi, tapi juga kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk mengawasi keamanan dan kualitas dari pangan yang beredar. Cakupan regulasi ini disesuaikan dengan skala dan jenis usaha kuliner. Berikut regulasi kebersihan dan keamanan pangan utama yang wajib dipatuhi:

1. Patuhi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan.

Undang-Undang ini mengatur seluruh aspek pangan di Indonesia, mulai dari perencanaan, ketersediaan, keterjangkauan, mutu, keamanan, gizi, hingga label dan iklan. Semua peraturan di bawahnya akan mengacu pada Undang-Undang ini.

2. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS)

Sertifikasi ini merupakan bukti tertulis yang menyatakan bahwa tempat pengelolaan pangan telah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan yang ditetapkan oleh pemerintah. Ini merupakan bagian penting dari perizinan usaha di bidang makanan dan minuman. SLHS berlaku untuk berbagai jenis tempat pengelolaan pangan, termasuk restoran, rumah makan, dan jasa boga. [H3] 3. Izin edar pangan olahan (BPOM MD/ML atau SPP-IRT)

Jika memproduksi dan mengemas produk olahan dengan masa simpan tertentu, maka Anda membutuhkan izin edar yang diterbitkan oleh BPOM atau Dinas Kesehatan ini.

Untuk SPP-IRT diterbitkan oleh Dinas Kesehatan dan diberlakukan untuk usaha mikro yang memproduksi pangan olahan berisiko rendah atau sedang dengan umur simpan lebih dari 7 hari. Contohnya adalah frozen food, sambal kemasan, kue kering, dan lainnya. 

Sementara BPOM (MD/ML) diterbitkan oleh BPOM dan diperuntukkan bagi skala menengah hingga besar atau produk UMKM yang memproduksi pangan berisiko tinggi. BPOM RI MD diberlakukan untuk produk dalam negeri, sementara BPOM RI ML berlaku untuk produk impor.

4. Sertifikasi halal

Sejak UU Jaminan Produk Halal berlaku efektif, semua produk yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal, meski ada tahapan kewajiban berdasarkan jenis produk dan skala usaha. Cakupannya adalah seluruh bahan baku, proses produksi, peralatan, hingga penyimpanan sesuai dengan syariat Islam dan tak mengandung bahan haram.

5. Pelabelan pangan olahan

Bila produk Anda merupakan pangan dalam kemasan maka wajib mematuhi standar pelabelan yang ditetapkan oleh BPOM. Yaitu mencakup informasi nama produk, komposisi bahan, nama produsen, tanggal kadaluwarsa, nomor izin edar, kode produksi, hingga petunjuk penyimpanan. 

Alt Image Text

Manajemen Keamanan dan Kebersihan Pangan

Terapkan HACCP atau sistem manajemen keamanan pangan di dapur usaha Anda. Meski sering dianggap kompleks dan hanya cocok untuk industri besar, prinsip HACCP dapat diterapkan untuk berbagai skala usaha dengan tingkat kompleksitas dan implementasi yang berbeda.

Terlepas dari skalanya, penerapan prinsip HACCP membawa keuntungan besar untuk usaha kuliner Anda, yaitu:

  • Mengurangi risiko keracunan makanan dan penyakit bawaan pangan.
  • Menjamin produk memiliki standar kualitas yang konsisten setiap saat.
  • Mengurangi pemborosan bahan baku akibat kerusakan atau penarikan produk.
  • Membangun reputasi merek sebagai penyedia makanan yang aman dan higienis.
  • Memenuhi persyaratan hukum dan standar industri sehingga memudahkan proses perizinan, misalnya untuk PIRT dan sertifikasi halal.

Meski bukan lembaga yang menerbitkan sertifikasi HACCP, BPOM merekomendasikan dan dalam beberapa kasus, mewajibkan penerapan sistem keamanan pangan seperti HACCP karena dianggap sebagai salah satu standar jaminan keamanan pangan. Tak hanya mematuhi regulasi pangan, penerapan sistem HACCP merupakan bukti komitmen Anda terhadap keamanan pangan sekaligus kepedulian terhadap konsumen.

Dengan strategi tepat dan kepatuhan terhadap regulasi dalam mengelola bisnis makanan cepat saji, Anda telah membangun kredibilitas dan kepercayaan konsumen demi mendukung pertumbuhan usaha kuliner Anda.

Wujudkan bisnis makanan cepat saji lokal versi Anda dengan mengandalkan berbagai produk berkualitas dari Unilever Food Solutions untuk meningkatkan kepercayaan konsumen lewat hidangan lezat dan konsisten setiap saat.

Tonton video menarik di sini
Home
Produk
Resep
Cart
Menu