Menu

Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Pasar pesan antar makanan Asia Tenggara berkembang dengan cepat, dan dapat menjadi pendorong yang menjanjikan untuk restoran. Tetapi bagaimana Anda mengelolanya? Koki Oh Qihao, seorang veteran berpengalaman 10 tahun dalam F&B hotel dan pendiri Daily Affairs, membagikan 5 jawaban untuk pertanyaan yang harus Anda ajukan pada diri sendiri agar sukses dalam menjalankan layanan pesan antar makanan.

1. Apakah Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar?

Setelah dipotong biaya komisi perusahaan pesan antar makanan dan biaya lain, Daily Affairs memperoleh rata-rata 5-20%. Contohnya, untuk makanan seharga $10, cafe itu memperoleh sekitar $2. Untuk memperoleh keuntungan yang memadai, Anda akan perlu meningkatkan volume penjualan.

“Kebanyakan mitra pesan antar juga memperbolehkan operator untuk menaikkan harga menu penjualan pesan antar,” kata Koki Qihao. “Selain untuk komisi, harga yang dinaikkan juga untuk biaya tambahan termasuk kemasan makanan, peralatan makan sekali pakai, serbet, dan lainnya."

 

2. Layaran pesan antar mana yang sebaiknya Anda jadikan mitra?

Koki Qihao menasihati operator makanan untuk bermitra dengan beberapa mitra pesan antar, jangan cuma satu.

“Setelah Anda daftar dengan mitra pesan antar, mungkin perlu waktu hingga tiga bulan untuk mengevaluasi rumah makan Anda dan muncul di platform mereka. Daripada menggantungkan diri pada satu mitra, sebarkan peluang dan bermitra dengan lebih dari satu layanan pesan antar.”

"Kebanyakan mitra pesan antar juga memperbolehkan operator untuk menaikkan harga menu pesan antar makanan."

– Koki Qihao, veteran berpengalaman 10 tahun dalam F&B hotel dan pendiri Daily Affairs

3. Apakah masakan Anda cocok untuk pesan antar makanan?

Tidak setiap masakan tahan dalam perjalanan. Koki Qihao mencoba menghindari pengantaran makanan seperti pasta atau steak. Sebaliknya, dia merekomendasikan masakan yang diungkep atau direbus lama.

“Kemasan juga berperan dalam kualitas produk yang diantarkan. Contohnya, Daily Affairs memakai wadah bento yang kedap udara. Dengan begitu, setiap porsi masakan dipisahkan agar tidak menjadi berantakan atau berair."

 

4. Apakah dapur Anda dapat menerima pesanan volume besar dan tetap berjalan dengan efisien?

“Sama halnya dengan makan di tempat, pesanan pesan antar makanan tidak dapat diprediksi dan tidak menentu. Saat pesanan diterima, pengemudi pesan antar biasanya akan tiba dalam waktu 10-15 menit," kata Koki Qihao. "Cara terbaik untuk menerima pesanan besar adalah menciptakan masakan yang cuma perlu 2-3 langkah dan bisa dimasak dalam 10 menit.”

Dengan cara ini, setiap masakan di menu diciptakan khusus untuk dimasak dalam waktu kurang dari 10 menit. Koki Qihao menyiapkan bahan makanan, seperti daging ungkep, pure kentang dan salad, terlebih dulu.

Setiap staf dapur juga diberi tugas khusus untuk setiap pesanan, sehingga tim bisa beoperasi dengan efisien.

5. Bagaimana Anda dapat memasarkan pilihan pesan antar makanan Anda?

Menurut Koki Qihao, satu strategi adalah menawari pelanggan pengantaran gratis dengan menyerap persentase biaya yang tidak dikenakan bersama dengan mitra pesan antar. Dengan melakukan itu, Anda akan diberi prioritas visibilitas pada platform.

Daily Affairs juga mendaftarkan restorannya di lebih dari satu kategori masakan. Hal ini akan meningkatkan daya tarik perusahaan Anda di berbagai kelompok pelanggan yang berbeda.

Selain mengeposkan pembaruan dan promosi baru di halaman Facebook cafe, Koki Qihao juga mendistribusikan pamflet ke perumahan di dekatnya. “Pastikan Anda membatasinya di dalam wilayah pengiriman rumah makan Anda,” dia menasihati.

 

Berkembang dengan Keamanan Makanan

Lebih jauh tentang peran keamanan makanan

Ketahui lebih jauh, bagaimana keamanan makanan bisa jadi solusi usaha Anda lebih maju lagi. Temukan tipsnya di sini.

Baca lebih lanjut

 

Sehat dan Bergizi itu Pasti!

Menu lezat dan bergizi adalah kunci

Menu sehat dan bergizi akan mendukung kemajuan bisnis kuliner Anda. Temukan lebih banyak inspirasi lainnya.

Baca lebih lanjut

 

Raih Keuntungan!

Mempertahankan keuntungan adalah langkah tepat untuk tetap dapat manfaat

Temukan cara mempertahankan keuntungan sebagai langkah mengembangkan kembali usaha kuliner Anda di tengah pandemi.

Cari tahu

 

Produk-produk Terkait

Produk-produk rekomendasi Unilever Food Solutions

Beli dan cari tahu produk-produk rekomendasi dari Unilever Food Solutions untuk mendukung bisnis kuliner Anda.

Lihat produknya


Kembali kepada BANGKIT LAWAN COVID