Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Berencana menjalankan bisnis food truck, tapi masih bingung mengenai perkiraan modal awal usaha? Berikut ini kami berikan gambaran modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis food truck.

Modal membeli mobil

Modal membeli mobil

Jika Anda belum punya mobil untuk dijadikan food truck, coba cari mobil bekas untuk menghemat biaya. Atau, Anda juga bisa membeli mobil bak (pick up) yang bisa dimodifikasi. Anda bisa memperoleh mobil jenis tersebut dengan harga Rp50 juta-Rp150 jutaan, tergantung kondisi kendaraan dan tahun pembuatan. 

Modal memodifikasi mobil

Modal memodifikasi mobil

Untuk memodifikasi mobil, Anda perlu realistis. Mengapa? Karena modifikasi mobil untuk jadi food truck sering kali biayanya lebih mahal dari beli mobilnya. Dan ini adalah hal yang wajib, karena memang belum ada mobil yang khusus dijual langsung dalam bentuk food truck. Untuk modifikasi yang model warung (bentuk tradisional), biayanya mungkin sekitar Rp15-50 jutaan. Tapi jika Anda ingin langsung membuat food truck yang unik, biayanya bisa jauh lebih besar, bahkan seperti membangun restoran. Jika itu keinginan Anda, coba pikiran ini. Bangun secara bertahap akan bisa mengurangi biaya. Dari keuntungan bisnis yang sudah dijalankan, Anda bisa mengalokasikan dananya untuk mulai membangun food truck yang lebih sesuai kebutuhan.  

Modal membeli peralatan dapur

Modal membeli peralatan dapur

Buat daftar peralatan yang benar-benar Anda butuhkan terlebih dahulu. Jika misalnya Anda mau membuka usaha kopi, beli alat pembuat kopi. Jika ingin punya microwave, belilah jika Anda memang sudah mulai berjualan makanan ringan pendamping. Dengan pembelian barang bertahap seperti ini, Anda akan bisa memiliki food truck dengan biaya yang lebih mudah diatur. Bahkan, dengan biaya alat sekitar Rp5-10 jutaan, Anda sudah bisa membuat warung kopi kecil. Selanjutnya, secara bertahap saat Anda sudah mulai berjualan makanan ringan atau bahkan makanan utama, Anda bisa membeli peralatan tambahan dengan memutar keuntungan bisnis yang didapatkan. 

Modal operasional

Modal operasional

Miliki setidaknya modal operasional selama 6-12 bulan. Mengapa? Karena itu bisa jadi persiapan untuk menentukan usaha akan lanjut atau tidak. Dengan dana persiapan itu, Anda bisa membeli bahan makanan, membayar pegawai, dan biaya operasional kendaraan (bensin, perawatan, hingga biaya parkir). Maka dengan perkiraan biaya bulanan Rp5 jutaan, Anda perlu menyiapkan dana operasional sekitar Rp30-60 jutaan.