Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Menjalankan bisnis food truck adalah sebuah tantangan. Pertama, Anda harus sering berpindah-pindah. Kedua, menata food truck juga perlu kejelian tingkat tinggi. Sebab, dapur di dalam food truck tentu ukurannya lebih kecil dari dapur di sebuah kafe atau restoran. 

Bagaimana menata ruang di dalam food truck agar menjadi dapur yang efektif dan serba guna? Berikut yang bisa Anda lakukan.

Barangnya terlalu besar? Jangan dibeli!

Barangnya terlalu besar? Jangan dibeli!

Ruangan terbatas di dalam truk tentu butuh desain yang sederhana namun efektif. Maka hal pertama yang perlu dipikirkan adalah jangan membeli peralatan yang terlalu besar. Itulah mengapa Anda perlu membuat beberapa daftar barang apa saja yang paling diperlukan untuk kebutuhan memasak di dalam truk. Contohnya, kalau Anda butuh kompor, belilah kompor yang memang sesuai dengan ukuran yang ada. Atau misalnya ingin membeli mesin pendingin, cari yang berukuran sedang namun cukup untuk menyimpan bahan-bahan makanan.

Satu alat untuk semua? Mengapa tidak?

Satu alat untuk semua? Mengapa tidak?

Pernahkah Anda pergi ke pameran perabotan rumah tangga? Biasanya selalu ada perabotan yang didesain ringkas dan fungsional, namun bisa muat di ruang kecil. Nah, model seperti ini bisa juga diterapkan di dapur truk Anda. Misalnya Anda ingin membeli oven. Daripada membeli oven yang besar, coba cari oven yang didesain sesuai ruang dapur namun multifungsi, misalnya cari yang bisa untuk mengukus sekaligus memanggang. 

Kelompokkan alat yang paling sering dipakai

Kelompokkan alat yang paling sering dipakai

Pasti ada barang paling sering dipakai yang bisa diletakkan bersamaan. Jadikan barang tersebut di satu area yang paling gampang diakses. Misalnya Anda menjual kopi dan kue. Letakkan pemanggang roti dan pembuat kopi berdekatan dengan kotak gula dan selai. Ini akan memudahkan Anda saat melayani pembeli.

Manfaatkan pojokan ruangan

Manfaatkan pojokan ruangan

Posisi pojok bisa dimanfaatkan untuk membuat ruangan terlihat lebih rapi. Misalnya untuk meletakkan peralatan yang jarang dipindah seperti microwave atau pemanggang roti. Dengan begitu, arus kerja yang paling sibuk di bagian tengah bisa tetap longgar.

Ruangan tinggi? Manfaatkan

Ruangan tinggi? Manfaatkan

Biasanya sering ada jarak ketinggian ruang yang bisa dimanfaatkan. Misalnya dinding yang menganggur bisa ditempeli dengan gantungan untuk meletakkan beberapa alat dapur. Atau, Anda juga bisa membeli rak berukuran tinggi yang tengahnya bisa untuk menyimpan barang. Jadi, di bagian atas bisa untuk rak bahan-bahan makanan, di bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan barang tertentu.