Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Sebagai duta Knorr dan mantan didikan Gordon Ramsay, Mark Sargeant, chef berbintang Michelin, juga mengelola beberapa restoran terkemuka. Kami berbincang-bincang dengan chef multiperan dan ia menguraikan 2 pelajaran penting yang dapat dimanfaatkan oleh semua chef:

1. Meraih bintang Michelin

1. Meraih bintang Michelin

Bintang Michelin dapat mendorong keberhasilan sebuah restoran. Namun bila menyangkut strategi, mendapatkan bintang tidak selalu merupakan jalan terbaik. Berikut ini saran dari Mark:

  • Janganlah memasak hanya demi meraih bintang Michelin
    Memenangkan bintang Michelin untuk restoran Anda memang suatu pencapaian besar – tapi jangan jadikan itu tujuan Anda. Memasaklah untuk pelanggan Anda. Memasaklah untuk kepuasan Anda. Jangan memasak demi Michelin.
  • Selalu fokus pada tujuan dasar Anda
    Fokus pada pendapatan Anda. Fokus pada laba yang diperoleh. Niatkan untuk memiliki restoran yang ramai dan pelanggan setia. Prinsip dasar ini harus selalu menjadi tujuan utama bagi siapa saja yang bekerja di industri restoran.

2. Beralih dari seorang chef menjadi pemilik restoran

2. Beralih dari seorang chef menjadi pemilik restoran

Beralih dari chef menjadi pemilik restoran tidak selalu mudah. Hal ini memerlukan keahlian yang berbeda dan fokus yang berbeda pula. Jika Anda benar-benar ingin melakukannya, simak beberapa nasihat dari Mark Sargeant berikut ini:

  • Belajar mendelegasikan
    Saat Anda berada di dapur sepanjang waktu, mudah sekali untuk terperangkap dalam seluk-beluk pekerjaan. Anda harus belajar mendelegasikan tugas operasional sehari-hari kepada tim Anda dan mulailah memikirkan gambaran yang lebih besar.
  • Percayalah pada tim Anda
    Agar mudah menyerahkan tugas Anda, Anda harus mempercayai tim Anda. Artinya Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki orang yang tepat untuk tugas yang tepat dan memastikan bahwa Anda membekali mereka dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan peran mereka yang berbeda dengan baik – dan sesuaikan seiring waktu jika diperlukan.

Tentu saja bekerja dengan kekuatan tim serta kekuatan Anda sendiri sangat penting untuk mencapai keberhasilan. Baik Anda mengelola dapur dengan tim atau mengelola sendiri, pelajaran ini adalah tips dan pengingat berharga bagi siapa saja yang menggeluti bisnis ini.