Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Kita tidak akan berbohong. Membuat saus adalah proses yang panjang dan membosankan; saus harus kaya rasa dan kental namun tidak terlalu dominan, semuanya ini harus diimbangi dengan konsistensi dan suhu yang sangat tepat. Jika tidak, saus akan terasa tidak enak dan harus dibuang ke tempat sampah. Namun, keindahan dari membuat saus juga terletak pada prosesnya. Ada banyak jenis saus yang dapat Anda buat dan temukan sendiri. Yang Anda perlukan hanya sedikit imajinasi.

Berikut ini hal yang Anda perlukan dalam membuat saus, dan cara membuat saus baru dengan menambahkan rasa baru.

Cairan

Komponen utama dari saus adalah dasar cairannya. Cairan ini biasanya berupa beberapa jenis kaldu, produk susu (susu, krim, mentega) atau tomat yang dilumatkan menjadi cairan.


Bahan Pengental

Bahan pengental membantu meningkatkan kepadatan dari cairan tanpa terlalu banyak mengubah profil rasa. Ada berbagai jenis bahan pengental seperti roux (campuran mentega dan tepung), kanji, dan liaison. Kanji, seperti tepung maizena dan ararut, biasa digunakan, sedangkan liaison adalah campuran dari kuning telur dan krim yang mengentalkan saus serta memberi rasa yang kaya di mulut.


Bumbu dan Perasa

Kombinasi dari cairan dan bahan pengental akan memberi Anda saus utama. Setelah itu, waktunya untuk memberikan rasa. Tambahan rempah-rempah, bumbu, perasa, dan minuman beralkohol menghasilkan saus turunan, di sinilah dibutuhkan kreativitas Anda.


Mengembangkan Saus Klasik

Di bawah ini beberapa Saus Dasar yang terkenal, dan cara Anda dapat mengembangkannya dengan menambahkan berbagai profil rasa dan bahan.

Béchamel

Béchamel

Ubah saus ini menjadi saus keju: tambahkan keju cheddar, mustard kering, saus Worcestershire, dan bumbui dengan merica cayenne.

Veloute

Veloute

Ubah saus ini menjadi saus anggur putih rempah-rempah: tambahkan anggur putih, krim, mentega, rempah-rempah segar, dan bumbu serta jus lemon.

Espangole atau Saus Cokelat

Espangole atau Saus Cokelat

Ubah saus ini menjadi saus jamur: tambahkan irisan jamur segar, bawang merah cincang, sherry, jus lemon, dan mentega.

Hollandaise

Hollandaise

Ubah saus ini menjadi saus Béarnaise: tambahkan taragon yang dicincang halus, cuka putih, jus lemon, dan cabai cayenne.