Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Ragam pilihan makanan makin variatif, namun ada beberapa yang akan menjadi incaran pelanggan di 2017. Chef Gun Gun dari Unilever Food Solutions memberikan beberapa tips yang dipelajari dari tren yang berlaku di dunia. Seperti apa?


Makanan harus menyehatkan

Generasi milenial saat ini mulai banyak berbelanja makanan. Mereka sangat peduli dengan kesehatan. Maka, berikan mereka makanan yang punya cerita bahwa menu tersebut berasal dari sayuran organik dan buah-buahan pada musim tertentu. Ini akan membuat mereka bisa jadi pelanggan utama Anda.

Makanan harus jelas dari mana sumbernya

Pelanggan cenderung gemar membandingkan makanan dengan yang ada di media sosial. Maka, sajian dengan manfaat seperti berasal dari tumbuhan aeroponik, diolah oleh petani setempat tanpa pestisida, dikembangkan dengan menjaga kelangsungan sumber daya alam, akan jadi bahan cerita yang baik untuk disebarluaskan di sosial media mereka.

Buatlah pelanggan mempunyai pengalaman unik yang baru

Selain makanan yang Instagram-able atau layak foto, tampilkan menu orisinal seperti menu dari Asia atau makanan lokal lainnya. Beri nilai lebih pada masakan dengan sajian ukuran sekali gigit (bite size). Misalnya, coba sajikan gado-gado dalam balutan kol yang berisi campuran tahu, tauge, dan bumbu kacang dalam sekali gigit.

Sertifikasi kesehatan makanan akan terus jadi buruan

Label dari mana makanan berasal—seperti MSC (Marine Stewardship Council) atau ASC (Aquaculture Stewardship Council) untuk makanan seafood yang sumbernya terjamin kelangsungan penangkapan dan pengembangannya—akan mengundang lebih banyak pelanggan. Mereka merasa bangga tentang menu sehat yang dimakannya, dan akan menyebarkan ke media sosialnya.

Menu khas Asia akan jadi incaran

Makanan Asia punya cerita tersendiri. Dari aroma yang khas, rasa yang unik, hingga tampilan yang menggoda. Makanan pedas ala Sriracha atau sajian street food Asia bisa menjadi menu pilihan bagi pelanggan Anda.