Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Jika Anda baru di dapur, Anda mungkin akan menganggap remeh saus. Saus adalah cairan mengandung tepung yang biasa disiramkan oleh chef di atas hidangan yang telah matang. Terkadang mereka juga menggunakan unsur hiasan di piringnya. Jadi, seberapa pentingkah saus?

Ternyata, saus itu cukup penting. Sebenarnya saus adalah kunci kecil yang membantu membuka potensi rahasia bahan-bahan masakan. Bayangkan dunia yang menyajikan steak polos tanpa béarnaise yang lembut atau saus andaliman yang sederhana untuk melezatkannya. Seperti menonton film tanpa suara. Nyatanya, saus sangat penting hingga dapur Prancis tradisional akan mempekerjakan seorang chef (yang disebut saucier) khusus untuk membuat saus.

Saus adalah cairan kental yang menambah dan melengkapi bahan makanan melalui rasa, tekstur, dan kelembapannya, dan juga bisa membuat hidangan tampak lebih menggugah selera

Saus dapat disajikan dingin (mayonnaise), hangat (pesto), atau panas (Béchamel), dan bisa memiliki rasa yang asin atau manis. Pada dasarnya, saus melengkapi rasa bahan makanan utama, serta tekstur dan cara memasaknya.

Chef yang dilatih memasak masakan Barat akan segera mengetahui dasar-dasar saus Prancis, yang lebih dikenal sebagai 5 Saus Dasar.

Berikut ini panduan singkat mengenai saus yang terkenal:

Hollandaise

Hollandaise

Campuran kuning telur dan mentega cair, biasanya dibumbui dengan jus lemon, garam, dan merica. Biasanya digunakan untuk ikan, steak, gratin, thermidor, dan Telur Benedict.

Tomato

Tomato

Dengan bahan utama tomat, saus ini dapat dicampur dengan bawang bombai dan bawang putih. Cocok untuk pasta, daging, sayur-sayuran, dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar pizza.

Béchamel

Béchamel

Dikenal sebagai saus putih, Béchamel adalah saus berbahan dasar susu yang dikentalkan menggunakan roux putih.

Veloute

Veloute

Kaldu ringan yang dikentalkan menggunakan roux putih. Cocok untuk sayur-sayuran, ayam, dan ikan.

Espagnole

Espagnole

Kaldu daging sapi muda kaya rasa yang dikentalkan menggunakan roux cokelat. Cocok untuk daging.

Saus-saus ini dapat menjadi dasar dalam membuat banyak saus turunan. Anggap saus dasar ini sebagai dasar dari piramida yang memungkinkan pembuatan berbagai saus turunan yang tak terbatas jumlahnya. Misalnya, tambahkan sedikit teragon yang dicincang halus ke dalam saus hollandaise Anda, dan jadilah saus béarnaise.