Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Jika berkunjung ke Semarang, sisihkan waktu ke salah satu objek wisata paling terkenal, Lawang Sewu, dan cobalah mampir ke Roodfoodie saat makan siang. Rumah makan dengan menu spesial ayam dan bebek ini merupakan salah satu pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2018. 

Ada banyak pilihan menu menarik di sini seperti ayam bakar original, ayam bakar srundeng, ayam bakar kremesan, ayam bakar geprek sembilan level. Roodfoodie juga menyediakan menu bebek dengan varian masakan serupa dengan ayam. Menu-menu tersebut juga bisa disajikan dengan aneka toping seperti keju, serundeng, dan lainnya.

Kisah awal mula Roodfoodie sebenarnya dimulai dari hal yang tak disangka. Rudie Siswanto, pemilik Roodfoodie, awalnya adalah direktur keuangan dan pemilik saham sebuah perusahaan teknologi informasi di Semarang. Pada 2017 dia memutuskan untuk berhenti dari perusahannya dan menjual sahamnya untuk modal mendirikan usaha kuliner.

Kebiasaan membantu orangtuanya memasak menjadi salah satu alasan Rudie tertarik berbisnis kuliner. Orangtuanya memiliki warung nasi goreng di Sumenep, Madura dan dirinya sering membantu mengupas bawang untuk mendapat tambahan uang jajan.

Salah satu kunci dari kelezatan masakan Roodfoodie adalah penggunaan kecap Bango. “Sejak awal saya sudah pakai kecap Bango. Sebelum saya buka rumah makan, saya memang suka memasak setiap akhir pekan dan saya sudah selalu pakai Bango,” kata Rudie. 

 

4 tips Rudie untuk pebisnis kuliner

Menurut Rudie, ada empat hal penting yang harus diperhatikan saat menjalankan usaha kuliner. Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya: 

1. Ujicoba resep

Rudie mengaku awalnya dia mendapatkan resep masakan ibunya dari kakaknya, lalu dia melakukan ujicoba berkali-kali untuk menemukan resep terbaik yang pernah dia rasakan. Hampir satu tahun dia melakukan ujicoba resep hingga akhirnya dia merasa yakin dan siap untuk disajikan ke meja pelanggan. 


2. Kebersihan makanan

Standar kebersihan makanan yang diterapkan di Roodfoodie berpatokan pada restoran waralaba internasional. Rudie membungkus masing-masing masakannya dengan standar kebersihan sebaik mungkin. 


3. Kemasan menarik

Hal penting yang harus diperhatikan dalam berjualan adalah kemasan. Kemasan yang baik bisa menjadi media promosi. Rudie mendesain kemasan Roodfoodie sebaik mungkin dan menambahkan gimmick marketing seperti pilihan menu di dalam desainnya. 


4.Menguasai pemasaran digital

Sebagai mantan profesional di bidang teknologi informasi (TI), Rudie sangat paham pentingnya TI. Kemampuan inilah yang menjadi salah satu kunci sukses Roodfoodie menjadi rumah makan dengan penjualan terbaik pada sebuah aplikasi pesan makanan online. 


Rudie semakin percaya diri untuk mengembangkan bisnisnya. Impiannya di masa depan dia ingin memiliki dan membuka cabang rumah makan bergaya kafe yang nyaman buat nongkrong, tapi tetap menawarkan menu penyetan seperti sekarang ini. Rudie mengaku sudah ada investor yang mengajukan kerja sama untuk membuka cabang di luar Semarang.