Saya bekerja di...

Lanjutkan

Konten sedang disesuaikan
berdasarkantipebisnis Anda

Betawi adalah salah satu daerah yang kaya ragam kuliner. Menyajikan makanan khas Betawi akan memperkaya variasi menu di restoran Indonesia milik Anda. Apa saja pilihannya?

Berikut inspirasi menu khas Betawi yang populer dari masa ke masa.
 


Nasi uduk Betawi

Sajian nasi uduk dengan lauk pauk seperti telur dadar, kering tempe, sambal teri, dan ayam goreng ini tidak pernah sepi penggemar. Apabila Anda menyediakan menu sarapan di resto Anda, menu ini bisa jadi pilihan yang populer. Agar tampak lebih modern, tampilkan dalam menu sekali gigit (bite-size) atau bentuk kekinian lainnya.
 


Soto Betawi

Soto Betawi terbuat dari paduan kuah santan dengan daging sapi, tomat, serta kentang. Karena tampilannya cenderung berlemak, coba kurangi kesan itu dengan menonjolkan tomat, daun bawang, dan tambahkan irisan jeruk limau.
 


Kue Cucur

Kue ini adalah sajian wajib dalam acara adat Betawi yang sangat cocok disajikan sebagai menu hidangan penutup. Anda juga bisa membuatnya sebagai menu pendamping teh bagi pelanggan yang ingin menikmati teh di resto Anda. Agar lebih modern, bisa coba kombinasikan kue ini dengan parutan keju atau lelehan cokelat.
 


Bir Pletok

Walaupun namanya “bir”, namun minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Terbuat dari beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai, minuman ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Agar terkesan kekinian, gunakan nama unik untuk sajian ini, misalnya free alcohol beer from Betawi, bir kejut ala Batavia, atau nama unik lainnya.


Gado-gado Betawi

Segarnya sayuran rebus—kangkung, mentimun, hingga pare—yang dicampur dengan telur dan ketupat/lontong akan berpadu sempurna dengan saus bumbu kacang yang Anda racik sebagai ciri khas gado-gado di resto Anda. Agar makin cantik tampilannya, sajikan dalam piring dengan bentuk yang unik seperti anyaman bumbu dan isian gado-gado dengan daun selada.


Es Selendang Mayang

Minuman ini terdiri dari adonan tepung hunkwe yang dibentuk dan dipotong-potong kemudian dicampur dengan kuah santan, sirup pandan, dan es serut. Minuman es ini sangat menyegarkan dan cocok disajikan sebagai hidangan penutup di siang hari yang terik. Tonjolkan warna-warni unik dari adonan tepungnya, sehingga menjadi ciri unik hidangan ini.